Akhir-akhir ini, banyak sekali profesional-profesional yang bekerja secara independen atau akrab disebut freelancer. Hal ini lah yang mungkin menjadi inspirasi utama didirikannya tempat-tempat co-working space yang semakin menjamur di Jakarta dan sekitarnya.

Apa sih coworking space itu? coworking space berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja dan menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda. Coworking space mengusung konsep sharing dalam satu ruangan yang terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan, khususnya start-up.

Saat ini, tidak sedikit pula lho coworking space yang didirikan sekaligus dengan coffee shop atau cafe dengan desain-desain unik dan homey seperti beberapa rekomendasi tempat berikut :

  1. Kolega

Coworking space yang cozy dan instagramable ini berada di Jalan Tebet Raya. Kolega punya banyak tipe ruangan yang bisa kamu pilih, mulai dari ruangan bersama, meeting room, dan sebagainya. Bukan hanya untuk bekerja, disini kamu juga bisa rebahan di lesehan dengan bean bag yang tersedia mulai dari Rp100 ribu per hari nya.

2. Workroom Coffee & Collaborative

Berada di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Workroom Coffee & Collaborative memang tidak terlalu luas, namun hadir dengan suasana hangat. Ada beberapa jenis tempat duduk yang bisa kamu pilih, mulai dari yang menghadap ke jendela luar, tempat duduk sofa, hingga meja standar. Disini kamu juga bisa mencicipi kopi serta berbagai pilihan menu yang bikin semangat kerjamu semakin terpacu.

3. Soma Coworking Cafe

Tempat yang berlokasi di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini juga mengusung kombinasi antara ruang kerja dan coffee shop yang cocok untuk kamu yang suka menikmati secangkir kopi nikmat atau ditemani aroma kopi sambil menyelesaikan pekerjaan. Tapi tidak perlu khawatir tempat ini akan berisik dengan kegiatan brewing karena tempatnya terpisah dengan area makan dan bekerja.

4. WINC Collaborative Space & Cafe

Berlokasi di daerah Serpong, Tangerang. Winc menawarkan arsitektur yang kece dan cozy. Disini kamu bisa bekerja sambil nongkrong karena Winc tidak hanya menawarkan coworking space tapi juga ada coffee shop yang menyajikan menu-menu yang enak.