Apa sih arti kata Demotivasi itu sendiri? Demotivasi adalah kondisi dimana seorang manusia kehilangan semangat dan kemauan untuk menjadi lebih baik dalam apa yang dikerjakan. Kalau di dunia kerja, biasanya ya kehilangan semangat untuk bekerja atau timbulnya rasa malas.

Demotivasi tentunya muncul karena beberapa hal. Nah, yuk ketahui apa saja sih hal-hal yang bisa menimbulkan ‘penyakit’ berbahaya di lingkungan kerja ini?

Atasan
Tidak ada atasan yang 100% baik di mata bawahannya. Punya atasan terlalu baik juga ternyata tidak baik untuk melatih kinerja karyawan, dan punya atasan yang terlalu galak tentunya bikin karyawan semakin tidak betah. Ada masanya dimana karyawan sudah sangat tidak tahan dengan sikap-sikap atasan dengan alasan yang berbeda-beda, ada yang bossy, kasar, suka mengakui ide bawahan sebagai ide nya dia, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya jika masih dalam batas wajar, ada baiknya jika kamu mencoba memaklumi sifat dan sikap atasanmu.

Kerja Tidak Sesuai Passion
Biasanya karena alasan ‘susah cari kerja’ membuat kita akan mengambil semua kesempatan bekerja yang ada di depan mata. Pada fase ini kita sering mengesampingkan perasaan karena kebutuhan dan rasa ingin cepat bekerja, namun lama kelamaan pasti muncul perasaan bosan karena pekerjaan yang dilakukan jauh dari passion. Tapi, ketika muncul perasaan seperti ini, ada baiknya kamu mulai me-restart pikiran dan mulai melakukan passion kamu sebagai hobi yang dilakukan diluar jam kerja. Dengan begitu, kamu tetap bisa bekerja di tempat sekarang dan juga bisa tetap menjaga passion kamu.

Gaji
Banyak yang merasa semakin lama, beban pekerjaan yang diberikan atasan atau perusahaan kepadanya semakin banyak, namun tidak di imbangi dengan adanya penyesuaian pada gaji. Tak sedikit pula yang membiarkan hal ini terjadi terlalu lama sehingga motivasi untuk bekerja semakin menipis. Sebenarnya, jika memang ini terjadi kepada kamu, ada baiknya kamu bicara dengan atasan atas apa yang kamu rasakan, atau kamu bisa juga mulai menolak pekerjaan yang memang dirasa bukan tanggung jawab kamu atau jika pekerjaan sudah mulai menumpuk.