Membangun hubungan dengan rekan kerja memang lah sangat penting, hubungan yang baik dengan rekan kerja akan berpengaruh terhadap kinerja Anda sendiri karena kalian tidak bisa memungkiri kalian akan bertemu setiap hari di tempat kerja.maka daripada itu sangat lah penting membangun hubungan antar rekan kerja.

Kepandaian dalam berinteraksi dan memiliki sikap pribadi yang dapat mempertimbangkan suatu perilaku seseorang tercermin dalam sikap dan perbuatan seseorang. Saat kita berkomunikasi dengan seseorang, mereka bisa menilai sikap  kita seperti apa. Karena pada dasarnya etika manusia tercermin dari komunikasi. Dan etiket itu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tetapi berbeda dengan etiket di tempat kerja, yang lebih beragam sifatnya. Berikut tips berkomunikasi dengan rekan kantor.

1.  Menerima masukan dengan lapang dada
Di dalam suatu pekerjaan, Anda akan menemukan orang orang baru dan berbagai suku,agama,maupun karakter mereka. Maka, Anda harus bisa memahami atau beradaptasi dengan keadaan seperti itu agar Anda bisa dengan nyaman saat bekerja. Dan Anda harus terima semua masukan dari rekan kerja Anda karena sebagian masukan itu bermanfaat bagi kita. Namun, jika ada masukan yang tidak enak di dengar Anda harus sabar dan lapang dada untuk menerima itu semua karena memang itu pendapat mereka terhadap Anda.

2.  Jadilah menyenangkan bagi orang
Komunikasi akan terjalin dengan baik apabila Anda menyenangkan hati seseorang. Dan coba lah saat sedang berkomunikasi dengan rekan kantor masukan sedikit humor untuk mencairkan suasana, namun humor nya pun harus tepat jangan sampai ada yang tersinggung atau tidak suka dengan humor yang Anda gunakan. Cara ini sangat efektif untuk embangun keakraban dengan rekan kerja Anda. Suasana yang menyenangkan dan santai akan membuat Anda dan tim dapat dengan mudah menyampaikan ide-ide atau masukan-masukan dengan tenang tanpa ada tekanan.

3. Menyapa rekan kerja
Dengan Anda menyapa dengan rekan kerja Anda setiap pagi, Anda telah melakukan hal yang baik untuk menjaga komunikasi dengan rekan kerja Anda. Dan mereka pun akan merespon nya dengan baik sapaan Anda, dari situ lah Anda bisa memulai berkomunikasi dengan baik Karena sapaan selamat pagi itu adalah komunikasi pembuka Anda dengan rekan kerja Anda.

4. Memuji yang pantas dipuji.
Berikan pujian terhadap rekan Anda yang pantas untuk dipuji.  Namun, jangan sampai berlebihan karena orang akan melihat Anda sebagai penjilat dan kebanyakan orang tidak suka diberikan pujian yang terlalu berlebihan. Karena pada dasarnya seseorang sangat senang untuk dipuji.

5. Memberi kritik
Jangan sungkan untuk memberi kritik terhadap rekan kerja yang salah menggunakan atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan. Sampaikan dengan sopan dan menggunakan cara yang bijak. Jangan sampai rekan kerja yang Anda kritik tidak terima dan emosi, hindari hal seperti itu. Karena kritikan memang tidak dapat diterima semua orang, Anda harus lebih hati hati saat memberikan seseorang kritikan yang Anda kurang setuju.

6. Berkomunikasi dengan jelas
Ketika Anda berkomunikasi dengan rekan kerja Anda, ucapan atau menjelaskan sesuatu haruslah jelas kepada rekan kerja Anda. Sehingga informasi  dan tujuan yang Anda sampaikan akan sampai dengan baik ke  rekan kerja Anda. Sebuah monolog yang berliku liku hanya akan membuat orang menjadi bosan dan membuat orang tersebut kehilangan poin poin yang disampaikan.

7.  Ramah
Anda haruslah ramah dengan siapapun di dalam kantor, Karena ramah tersebut akan membawa nilai tersendiri bagi Anda. Anda bisa dinilai positif oleh rekan rekan Anda di kantor. Dan membawa suasana yang ceria, kondusif, dan menjadi lebih nyaman dalam bekerja

8.  Hindari bercanda berlebihan
Jika Anda terlalu sering bercanda saat sedang bekerja di lingkungan kantor, kalian akan dianggap pribadi yang tidak serius. Karena di dalam dunia pekerjaan ada beberapa hal yang harus sangat serius. Anda boleh bertindak konyol namun Anda harus bisa memposisikan nya dengan keadaan yang tepat. Dan jangan bertindak konyol yang membuat hati seseorang sakit atau merendahkan seseorang, itu akan membuat Anda dinilai jelek oleh atasan atau rekan kerja.

9. Jadilah pendengar yang baik
Akan lebih baik jika, Anda mendengarkan terlebih dahulu penjelasan teman di kantor. Dibanding kalian menyela omongan komunikan. Komunikan akan lebih suka jika kalian, mendengarkan terlebih dahulu lalu Anda baru bisa memberikan feedback.

10.  Memberikan feedback yang baik
Menghargai lawan bicara Anda adalah salah satu kunci berkomunikasi dengan baik,orang lain lebih suka jika diri nya di hargai. Cara menghargai orang tersebut adalah memberi tanggapan atau feedback terhadap dirinya yang sedang berkomunikasi dengan dirinya, dan kalian harus memberi feedback yang baik ataupun yang sopan.

11.  Berikan kesan antusias pada lawan
Cara komunikasi dengan rekan kerja yang efektif, buatlah lawan bicara Anda merasa senang dengan menunjukan antusiasme Anda. Dengan begitu mereka berpikir bahwa mereka adalah lawan bicara terbaik yang pernah bicara dengan Anda. Mereka juga akan berpikir bahwa Anda sangat peduli dengan mereka dan secara tidak langsung Anda memberikan perasaan positif bagi mereka. Mereka jadi lebih percaya diri. Lebih terbuka dan mereka pun tidak segan lagi untuk membuka percakapan yang lebih dalam.

12.  Milikilah keberanian untuk mengatakan yang dipikirkan.
Untuk memiliki keberanian untuk mengatakan yang dipikirkan, Anda harus memiliki kepercayaan diri bahwa Anda dapat kontribusi yang berharga dalam percakapan.  Jika Anda ragu berarti Anda harus terus menerus menggali komunikasi Anda. Kuncinya adalah jangan pernah takut untuk mengatakan apa yang Anda pikirkan atau memberi pendapat dan berkontribusi.

Manfaat mempelajari cara berkomunikasi dengan baik

Mempelajari cara berkomunikasi dengan baik dapat memberikan berbagai manfaat, diantaranya adalah kita memahami dan menerapkan keterampilan berkomunikasi secara umum yang tidak terlepas dari etika komunikasi.

Dengan mempelajari cara berkomunikasi dengan baik dapat menuntun kita dalam mencapai komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif juga mampu membuat kualitas pekerjaan kita akan lebih maksimal.

Komunikasi dengan teman kantor sangat penting untuk digunakan. Karena komunikasi digunakan untuk menyalurkan suatu informasi dan suatu makna melalui media tertentu sesuai dengan situasi. Peranan komunikasi ilmu komunikasi juga sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan karena tanpa komunikasi ilmu yang akan disampaikan tidak akan bisa diterima, begitu juga komunikasi dalam lingkungan sosial, komunikasi dalam lingkungan keluarga dan dapat dipastikan jika di dalam suatu keluarga tidak ada komunikasi yang terbuka tidak akan nada keharmonisan, komunikasi dalam kelompok dan organisasi.

Penting bagi kita untuk berkomunikasi dengan teman sekantor, karena jika kita berkomunikasi dengan teman sekantor hubungan kita dengan teman kantor akan lebih harmonis, sehingga suasana bekerja menjadi lebih nyaman dan efektif. Jika lingkungan kerja sudah lebih nyaman, pastinya performa pekerjaan kita juga akan maksimal.