Bekerja sepanjang hari dan banyak menghabiskan waktu untuk hal tersebut telah menjadi rutinitas wajib bagi kebanyakan orang di Indonesia. Disadari atau tidak, pada kenyataannya sebagian besar dari kita lebih cenderung menghabiskan waktu dari minggu ke minggu hanya dengan melakukan kegiatan yang bersifat monoton dan mengabaikan hal-hal kecil yang menyenangkan dan bisa memberi kita suasana berbeda dari biasanya seperti berlibur.

Liburan tidak harus selalu identik dengan perjalanan jauh dan biaya yang mahal karena pada dasarnya, liburan itu sendiri bisa difokuskan pada serangkaian  kegiatan menyenangkan dan berbeda dari rutinitas yang dijalani sehari-hari. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan selama liburan dan yang tak kalah pentingnya adalah banyak manfaat yang akan kamu peroleh setelah melakukannya.

Liburan bersama teman memanglah suatu hal yang sangat di tunggu-tunggu. Karena, dapat menghilangkan stress akibat pekerjaan kantor yang banyak, karena kesibukan masing masing yang membuat hal ini menjadi momen yang langka. Namun sebelum memutuskan liburan dengan teman temanmu. Sebaiknya simak tips-tips berikut supaya liburan bersama temanmu menjadi lebih menyenangkan.

1.   Jangan membicarakan soal pekerjaan
Jika kamu sedang berlibur dengan teman kantormu usahakan jangan sampai kalian, membicarakan soal pekerjaan kalian yang ada di kantor. Ingat bahwa tujuan kalian berlibur dengan teman kantor adalah agar kalian bisa merefleksikan pikiran kalian agar terlepas dari masalah pekerjaan, jika ada masalah pekerjaan di kantor atau ada yang harus diselesaikan sebisa mungkin kalian kerjakan sesaat kalian sudah pulang dari liburan kalian yang menyenangkan.

2.   Pekerjaan kantor telah selesai
Kamu sebaiknya sudah menyelesaikan pekerjaan kantor sebelum pergi berlibur. Supaya pada saat kamu dan temanmu pergi liburan bisa dengan hati yang tenang, tanpa harus ada tanggungan tugas kantor, dan membalas email yang masuk. Karena, hal ini sangat mengganggu karena membuat pikiran kita tidak fokus. Dan kualitas berlibur kalian bisa berkurang karena adanya tugas yang harus diselesaikan, dan suasana berlibur kalian akan dipenuhi dengan pikiran pekerjaan.

3.   Menggunakan hari libur seperti sabtu-minggu agar menghemat cuti
Biasanya kita berlibur sampai 3 hari atau lebih, karena itu sebaiknya kita memanfaatkan hari libur agar tidak terlalu banyak mengambil cuti yang bisa dipakai untuk keperluan yang lain. Yang lebih mendesak. Namun, kalian juga harus rela berdesak desakan sedikit karena tempat wisata akan sedikit dipenuhi wisatawan yang ingin berlibur sabtu minggu. Beda halnya dengan musim liburan mungkin, kalian akan merasa tidak nyaman karena banyaknya wisatawan yang melonjak naik dibanding hari biasa dan hari libur sabtu minggu.

4.   Gunakan cuti bila perlu
Jika kamu sadar bahwa diri kamu harus liburan, kamu terpaksa harus  menggunakan masa cuti kamu. Jika kamu tidak memaksakan diri kamu cuti, maka diri kamu akan merasa tertekan karena beban pekerjaan yang menumpuk. Biar lebih asik kamu bisa mengajak salah satu teman kantor kamu agar semakin menyenangkan  liburan yang kamu akan jalani, namun pastikan kebutuhan teman kamu akan liburan sama dengan kamu agar, kalian bisa saling melengkapi karena satu tujuan.

5.   Pilih lokasi liburan
Memilih lokasi liburan itu sangat lah penting bagi kalian yang ingin berlibur, karena tujuan pertama kalian berlibur dengan teman kantor adalah menemukan suasana baru di luar kantor. Jadi kalian harus mendiskusikan dengan teman kantor yang akan berlibur dengan kamu.

6.   Susun jadwal
Susunlah jadwal untuk berlibur. Mulai dari pergi ke tempat tujuan, tempat mana saja yang akan dikunjungi, penginapan, transportasi, konsumsi. Hal ini dilakukan agar kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin

7.   Siapkan budget
Budget yang akan menentukan kemana kalian akan pergi, jangan pergi ke tempat yang mahal jika budget kamu tidak mencukupi. Jika kalian tetap memaksa soal budget,kalian akan menyusahkan diri kalian sebaiknya kalian saling mendiskusi kan mau kemana kamu dan teman-teman kantor akan pergi kemana.

8.   Bersikaplah fleksibel
Bersikap  fleksibel itu penting dalam berlibur dengan teman kantor, karna akan ada saja kendala yang kamu alami. Maupun masalah yang akan datang pada saat kalian berlibur dengan teman kantor, dan ingat jika kalian berlibur dengan teman kantor kamu. Kamu harus saling memberi kesempatan untuk saling personal beristirahat.

9.   Usahakan liburan bukan di musim liburan
Karena jika kalian berlibur di musim liburan, kalian tidak akan merasa menyenangkan karena tempat wisata akan dipenuhi dengan para wisatawan dan itu menjadi sangat membosankan kalian harusnya bisa melihat pemkamungan dengan indah namun, jika wisatawan sepi kalian akan tenang dan bisa melihat pemkamungan indah di tempat wisata yang kamu pilih.

10. Membuat suasana menyenangkan
Kenapa kita harus membuat suasana harus menyenangkan, karena tujuan kita untuk berlibur adalah menyenangkan diri kita. Jika kalian bepergian dengan teman kantor adalah hal pelengkap liburan kamu, maka hal tersebut bisa menjadi cara ampuh agar liburanmu lebih menyenangkan

11. Jangan ada pekerjaan disaat liburan kamu
Bekerja saat berlibur, bisa menjadi pengganggu suasana yang menyenangkan. Cobalah untuk mengabaikan sesaat pekerjaan yang masuk. Beri pengertian yang baik kepada klien. Seandainya memang harus dan tidak bisa kamu tolak, cobalah kerjakan secepat mungkin dan tetap mengikuti itinerary yang sudah ada agar tidak mengganggu teman yang lain.

Sebenarnya, banyak keuntungannya jika kalian berlibur dengan teman kantor. diantaranya sebagai berikut:

Pertama kalian akan merasakan lebih menyenangkan berlibur dengan teman kantor, dan kalian akan merasakan lebih produktif dalam bekerja. Hal tersebut telah dibuktikan melalui survey. Dari hasil survey tersebut membuktikan bahwa sekitar enam dari sepuluh karyawan sudah menyadari bahwa liburan amatlah penting baik kesehatan mentalnya. Selain itu, lebih dari 40% partisipan mengakui bahwa mereka lebih fokus setelah pulang berlibur, sementara tiga per empat partisipan mengatakan liburan dapat membangkitkan energi yang pada gilirannya membuat bekerja lebih baik.

Pergi berlibur bersama teman kantor, tanpa kalian tanpa sadari berlibur dapat meningkatkan kemampuan kerja sama tim. Jika kerja sama tim sudah dibentuk dengan baik, secara tidak langsung kamu dan teman sekantor lainnya akan saling kompak, melancarkan komunikasi, dan saling memahami saat harus menghadapi situasi yang tidak diharapkan ketika berada di perjalanan. Sehingga pekerjaan pun dapat berjalan dengan baik.

Pergi berlibur dengan teman sekantor bisa dibilang mampu meningkatkan soft skill. Tidak hanya sekedar memberikan kesenangan semata, bepergian menawarkan kesempatan bagus untuk mengembangkan kemampuan diri guna membantu meningkatkan kesuksesan kamu. Contohnya, saat mengunjungi tempat baru, kamu akan bertemu orang asing dengan latar, tradisi, dan pkamungan berbeda. Hal ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan soft skill, seperti bahasa, komunikasi, networking, negosiasi, manajemen waktu, hingga kepemimpinan secara tidak langsung.

Hal yang paling penting dan perlu kamu sadari adalah, bukan dengan siapa atau kemana kamu pergi berlibur. Semuanya tergantung dari bagaimana kamu menyikapi liburan tersebut. Kesehatan mental sangat perlu dijaga agar kesehatan fisik juga dapat terjaga dengan baik.