Anak-anak biasanya selalu menginginkan ulang tahunnya dirayakan. Baik dirumah maupun di luar rumah. Sebagai orang tua, tentu menginginkan acara ulang tahun anaknya berjalan dengan lancar, seru dan tentunya ga terlupakan oleh anaknya dan oleh tamu yang diundang. Perayaan acara ulang tahun biasanya diselenggarakan ketika anak menginjak umur 5-10 tahun, pada usia tersebut sang anak sedang dimasa sudah mulai bermain dan berinteraksi dengan temannya. Nah pada momen ini, selain bersyukur karena anak sudah bertambah usia, unsur edukasi yang bisa disampaikan ialah sang anak bisa diajarkan bagaimana berinteraksi dengan orang lain, persahabatan dan rasa saling berbagi.

Susunan acara ulang tahun ini penting untuk diperhatikan termasuk keberadaan tamu undangan. Tamu undangan yang hadir biasanya terdapat teman-teman sang anak beserta pendampingnya yaitu orang tua mereka sendiri.

Dalam merayakan acara ulang tahun anak, hal pertama yang dijadikan pertimbangan adalah soal tempat. Para orang tua biasanya memikirkan apakah harus dirayakan di rumah atau menyewa tempat di luar rumah seperti di restoran. Sebenarnya, banyak lokasi menarik yang dapat dijadikan tempat untuk merayakan acara ulang tahun anak seperti taman bermain, rumah makan, tempat wisata dan hotel pun juga bisa. Namun, sebaiknya acara tersebut dirayakan di rumah sendiri. Mengapa begitu? Karena dengan memakai rumah sendiri dapat memberikan edukasi yang lebih, dan bisa diselenggarakan dengan sederhana namun tetap menyenangkan, asik, dan tidak terlupakan. Selain itu dengan memakai rumah sendiri, para orang tua bisa berkreasi sendiri mengenai dekorasi dan susunan acaranya.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan ialah, anak tercinta dapat lebih akrab dan dapat bermain sepuasnya dengan teman-temannya. Tidak ada waktu yang membatasi.  Berbeda kalau acara perayaan ulang tahunnya dilaksanakan di luar rumah, biasanya terdapat batas waktu yang telah ditentukan.

Susunan acara tidak berbeda jauh dengan susunan acara perayaan ulang tahun anak pada umumnya, yang membedakan hanyalah tema yang dipilih sehingga acara tersebut dapat lebih terstruktur. Adapun tema yang dapat dijadikan inspirasi yaitu “sayang mama papa”. Tema ini cukup sesuai dengan usia sang anak, agar kasih sayang anak dan orang tua dapat tersalurkan di acara perayaan ulang tahun tersebut.

Maka dari itu, untuk menciptakan acara perayaan ulang tahun yang meriah diperlukan susunan acara yang tepat, mau tau seperti apa? Yuk langsung cek ulasan di bawah ini!

1. Penyambutan tamu undangan oleh MC atau pembawa acara
Dalam sebuah acara MC selalu di ikut sertakan untuk memandu agar acara tersebut dapat terselenggara sesuai dengan harapan. Yang dapat dijadikan MC bisa saja kakak sendiri agar dapat lebih interaktif, atau jika tidak ada kakak,  tetangga sebelah yang sudah kenal dekat dengan sang anak pun bisa jadi solusinya asalkan tetangga tersebut bersedia.

Tamu undangan yang sudah datang disambut oleh MC dan mempersilahkan untuk duduk serta mengumumkan kalau acara akan segera berlangsung. Biasanya tamu undangan selalu membawa kado untuk sang anak yang sedang berulang tahun, kado tersebut dapat dikumpulkan disuatu tempat yang sudah disiapkan dan arahan tersebut bisa dijelaskan oleh MC.

2. Pembukaan acara
Acara perayaan ulang tahun anak dapat dibuka oleh MC dengan menggunakan mikrofon. Dalam tahap ini, MC dapat membuka acara dengan menjelaskan mengenai profil singkat sang anak misalnya nama dan menginjak umur ke berapa saat ini. Selain itu, MC dapat mengajak para tamu undangan untuk mengobrol atau berinteraksi serta memandu doa pembuka dengan tujuan agar acara tersebut dapat menjadi berkah dan dapat berjalan dengan lancar.

3. Sambutan orang tua
Setelah MC membuka acara, MC dapat mempersilahkan orang tua dari anak yang berulang tahun untuk memberi sedikit sambutan. Isi dalam sambutan tersebut biasanya rasa syukur karena anaknya telah bertambah usia dan rasa syukur karena tamu undangan berkenan untuk hadir dan memeriahkan acara perayaan ulang tahun sang anak tersebut. Sambutan tidak perlu lama, karena tamu undangannya anak-anak dikhawatirkan akan bosan.

4. Mengeluarkan kue ulang tahun
Kue ulang tahun yang sudah dipersiapkan bisa langsung dikeluarkan beserta dengan lilinnya. Kue ulang tahun merupakan simbol sebagai perayaan acara ulang tahun. Para orang tua bisa memilih kue ulang tahun yang besar maupun yang kecil. Yang mengeluarkan kue ulang tahun bisa saja para orang tua ataupun MC.

5. Memotong kue dan meniup lilin
Setelah kue dikeluarkan, MC dapat memandu sang anak untuk memotong kue dan meniup lilin. MC dapat mengingatkan sang anak untuk make a wish terlebih dahulu. Setelah lilin ditiup, sang anak dapat memotong kue dibantu dengan tangan orang tuanya. Pemotongan kue dapat diiringi dengan lagu Selamat Ulang Tahun dan Potong Kue, lalu diakhiri dengan tepuk tangan. Setelah itu kue tersebut diberikan pertama kali untuk orang tua, lalu dibagikan kepada tamu undangan.

6. Bernyanyi
Agar acara lebih meriah, sang anak dapat memberikan sebuah lagu yang dipersembahkan untuk orang tuanya. Lagu tersebut dapat disesuaikan dengan tema acara yaitu “sayang mama papa”. Contoh lagu yang dapat dijadikan referensi ialah “andaikan aku punya sayap”. Makna dari lagu tersebut ialah hidup anak tidak pernah lepas dari pengorbanan orang tua.

7. Games
Agar acara menjadi lebih menarik, penyelenggara acara perlu banyak melakukan interaksi dengan tamu undangan. Contohnya dengan mengadakan games agar tamu undangan menjadi terhibur. Games yang diadakan dapat berupa sambung kata, bernyanyi burung kakak tua yang hurufnya diganti dengan “u”. Dengan begitu acara akan menjadi lebih menarik dan meriah.

8. Makan-makan
Selain para tamu undangan diberikan potongan kue ulang tahun, MC dapat memandu tamu undangan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Hidangan tersebut dapat berupa kue basah, kue kering ataupun pudding. MC juga dapat mengingatkan tamu undangan untuk membuang sampah pada tempatnya serta menjaga kebersihan.

9. Foto bersama
Tidak afdol rasanya kalau di sebuah acara tidak ada dokumentasi. Foto-foto ini meliputi anak yang sedang berulang tahun, orang tua, serta para tamu undangan. Sesi foto bisa dipandu juga oleh MC. Jika tamunya banyak, sesi foto dapat dibagi menjadi 2-3 sesi agar para tamu kebagian untuk berfoto bersama.

10.  Penutupan dan doa
Setelah serangkaian acara telah dilakukan, MC dapat menutup acara dengan berdoa. MC menyampaikan pesan terimakasih yang mewakili orang tua kepada para tamu undangan serta dilanjuti dengan berdoa bersama.

11.  Bersalaman dan pembagian bingkisan
Setelah acara ditutup. Para undangan dipersilahkan untuk bersalaman kepada anak yang sedang berulang tahun dan orang tuanya. Serta dibarengi dengan pembagian bingkisan.

Dari penjelasan diatas, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan inspirasi. Jangan lupa untuk membuat rundown acara secara tertulis ya!