Setiap orang pasti pernah merasakan penat dan jenuh dalam bekerja. Deadline yang menumpuk, target yang harus dicapai merupakan suatu tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Seringkali hal tersebut menjadi beban bagi para karyawan dalam bekerja. Secara tak sadar, kondisi seperti itu dapat menurunkan semangat dan motivasi dalam bekerja. Tahukah kamu, jika hal tersebut terjadi, maka akan berdampak buruk terhadap kinerja anda, sehingga membuat kamu sulit untuk mengembangkan karir yang ingin kamu capai.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan motivasi kerja, yang diantaranya adalah:

1. Ingat tujuan kamu di awal

Ketika rasa penat dan jenuh itu mulai datang, rasanya berat sekali kembali bersemangat untuk bekerja. Pada saat itulah, kamu perlu mengingat kembali tujuan kamu bekerja. Pasti setiap orang termasuk kamu mempunyai tujuan dalam bekerja, entah itu untuk sekedar mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, untuk membantu biaya sekolah adik, untuk membayar kuliah kamu sendiri, atau bahkan untuk mewujudkan cita-cita.

Nah jika kamu sudah mengingat lagi tujuan kamu untuk bekerja, maka semangat dan motivasi kerja kamu pasti akan kembali muncul secara perlahan. Perlu kamu ingat juga, jika kamu bersikap terus malas-malasan dan kurang bersemangat, tentunya tujuan tersebut akan sulit untuk kamu capai.

2. Buat meja kerja senyaman mungkin

Meja yang berantakan merupakan cerminan pikiran yang berantakan. Cobalah untuk merapikan dan membersihkan meja kerjamu jika perlu tambahkan sedikit hiasan meja kerja yang sesuai dengan khas gaya kamu agar meja mu enak dilihat. Misalnya dengan membawa boneka kesayangan, bingkai foto keluarga, atau bahkan tanaman-tanaman kecil yang dapat membuat kamu menjadi nyaman berada di meja kerjamu.

3. Jangan takut dan ragu

Motivasi dan semangat kerja bisa saja menurun karena rasa takut dan ragu yang berlebihan. Hal inilah yang akan merugikan diri sendiri dan membuat performa kerja kamu kurang maksimal di tempat kerja. Sebaiknya, lawanlah rasa takut dan ragu dalam diri kamu. Bekerjalah dengan maksimal, tunjukkan keahlian dan kemampuan yang kamu miliki. Adapun cara untuk mengatasi rasa takut dan ragu, seperti berinteraksi dengan rekan kerja, berkumpul bersama teman bahkan kamu dapat melakukan kegiatan lain yang ampuh mengembalikan semangat dan motivasi kerja kamu.

4. Ingat bahwa kamu merupakan orang yang beruntung

Saat gairah bekerja sudah mulai kendur, coba ingat bahwa kamu merupakan orang yang beruntung. Mengapa demikian? Kamu beruntung karena kamu memiliki pekerjaan tetap, dapat gaji tetap, bisa beli ini itu tanpa harus minta ke orangtua. Cobalah kamu lihat di luar sana masih banyak orang yang belum mempunyai pekerjaan sehingga mereka menjadi pengangguran, mereka masih berusaha mencari pekerjaan secara mati-matian. Jadi coba belajar memandang ke bawah, janganlah selalu memandang ke atas. Dengan begitu maka semangat anda akan muncul dan timbulah motivasi untuk bekerja.

5. Cintai pekerjaan kamu

Pekerjaan yang kamu jalani akan menjadi beban terus menerus bila kamu tidak mencintai apa yang kamu kerjakan. Jadi belajarlah untuk mencintai pekerjaan kamu dengan segala tugas dan tanggung jawabnya. Kamu dapat berbicara di dalam hati secara berkali-kali dengan mengucapkan “aku suka pekerjaan ini, aku suka pekerjaan ini”. Hal itu akan membuat mindset bahwa kamu mencintai pekerjaan kamu.

Melakukan pekerjaan dengan senang hati dapat memberikan hasil yang baik. Dan kalau kinerja kamu bagus di tempat kerja, maka karier akan meningkat dan tentunya diiringi dengan kenaikan gaji. Jadi, sebisa mungkin kamu jangan sia-siakan kesempatan yang telah diberikan perusahaan kepada kamu ya.

6. Rajin membaca

Pepatah mengatakan “membaca adalah jendela dunia”, yap betul. Karena dengan membaca kamu akan memiliki wawasan yang luas. Kebiasaan membaca akan membentuk pola berpikir kamu secara jangka panjang. Selain itu dengan membaca buku dapat membuat diri kamu menjadi termotivasi. Banyak orang sukses di luar sana yang mengatakan bahwa salah satu faktor yang membuat mereka menjadi sukses adalah mereka rajin membaca buku.

Untuk menumbuhkan minat baca kamu dapat membaca buku dimulai dari yang kamu sukai, biasanya itu membuat gairah semangat kamu semakin menjadi-jadi. Selain itu aturlah waktu yang pas untuk membaca buku. Setiap orang memang memiliki kesibukan masing-masing, namun kamu dapat meluangkan waktumu selama 20 sampai 1 jam untuk membaca buku setiap harinya. Tidak sulit bukan?

7. Temukan apa yang membuat kamu bahagia

Tidak peduli apa yang kamu lakukan atau di manapun anda berada, cobalah untuk mulai bahagia sejak detik ini. Hal ini dapat dilakukan secara sederhana misalnya menyeduh segelas kopi atau teh hangat untuk membuat kamu relax, atau kamu dapat mendatangi lokasi jajanan di sekitar kantor kamu ketika jam istirahat kantor. Apapun itu, lakukanlah sesuatu yang bisa mendongkrak semangat dan mood positif kamu di pagi hari sebelum mengawali pekerjaan. Percayalah walau terlihat sangat sederhana namun itu dapat membuat kamu merasa bahagia.

8. Temukan sahabat di kantor

Seseorang yang memiliki teman dekat atau sahabat di kantor akan terlihat menjadi lebih semangat dalam bekerja. Selain itu pekerjaan mereka juga akan terasa menjadi lebih ringan, menyenangkan, bermanfaat dan memuaskan.

Selain itu memiliki sahabat di kantor dapat memberikan rasa kebersamaan, loyalitas, serta kepuasan dalam bekerja.

9. Berikan reward untuk diri sendiri

Banyak orang yang memforsir dirinya sendiri hanya untuk bekerja, bekerja, dan bekerja. Nah ketika sudah lelah, barulah merasakan dampaknya jadi malas dan kurang bergairah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya penghargaan untuk diri sendiri. Penghargaan yang dimaksud disini adalah memanjakan atau menyenangkan diri sendiri saat weekend dengan berbagai macam kegiatan yang dapat membangkitkan semangat dan motivasi baru.

Contoh penghargaan itu dapat berupa travelling, kumpul bersama teman dan keluarga, belanja atau bahkan ke salon bagi para wanita. Hal tersebut dapat membuat kamu menjadi lebih rileks dan dapat membuat pikiran kamu kembali segar dan memulai pekerjaan dengan semangat yang baru. Jadi mulai sekarang, cobalah meluangkan waktu untuk diri anda sendiri.

10.  Datanglah ke suatu acara yang dapat membangkitkan motivasi

Memang motivasi yang paling baik berasal dari diri sendiri. Tapi tidak ada salahnya juga juga jika kamu mendapatkan motivasi dari orang lain. Kamu dapat mengunjungi acara yang dimana terdapat narasumber yang bisa kamu jadikan sebagai motivator.

Salah satu orang yang dapat kamu jadikan motivator ialah Merry Riana. Ia mempunyai kisah sukses yaitu mampu meraih sejuta dolar di usianya yang belum menginjak 26 tahun. Mulai dari situ ia sering datang ke acara talkshow dan membagikan inspirasi untuk para penonton yang hadir. Jika kamu memiliki waktu luang, kamu dapat menghadiri acara tersebut agar kamu mendapatkan siraman yang dapat membangkatkan motivasi dan semangat kamu dalam bekerja.