Tidak bisa di pungkiri rasa jenuh, lelah, dan bosan yang menghampiri siapa saja yang bekerja sepanjang minggu dan tidak mempunyai waktu untuk mengusir kejenuhan tersebut. Karna kantor adalah rumah kedua bagi para pekerja, dimana sebagian waktunya tersita oleh rutinitas pekerjaan. Walaupun para pekerja sudah menganggap kantor itu rumah kedua bagi mereka, tetap saja ada saatnya dimana rasa bosan dan jenuh atau tidak betah lagi di tempat kerja. Saat seseorang merasa tidak lagi nyaman dengan suasana kantor atau rasa bosan dengan pekerjaan, para pekerja haruslah menyempatkan waktu untuk menghilangkan rasa itu.

Jalan keluar bagi kalian para pekerja yang jenuh dan bosan dengan pekerjaan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat rasa bosan dan jenuh menghampiri. Berikut kegiatan yang positif yang bisa kamu lakuin.

1.   Mengambil waktu cuti
Mengambil cuti adalah salah satu cara untuk menghilangkan jenuh saat bekerja, cuti yang berkepanjangan bisa diambil dekat di akhir pekan, agar cuti kalian lebih terasa panjang dan dengan waktu yang panjang itu kamu bisa melakukan hal-hal seperti berikut. Salah satunya dengan berlibur bersama keluarga, kalian bisa saja berlibur ke pantai, gunung-gunung, atau kota kota yang ingin kalian jajaki serta kalian bisa ke luar negeri jika kalian mau merasakan sensasi baru.

2.    Berolahraga di sela-sela waktu kantor.
Berolahraga adalah hal yang positif bagi manusia. Selain itu kalian bisa melepas sejenak penat dan jenuh saat bekerja saat kalian berolahraga, dan dengan berolahraga kalian bisa mendapat hasil gkamu yaitu sehat dan bisa menghilangkan penat dan jenuh. Contoh olahraga yang menghilangkan penat dan jenuh seperti berikut.

-        Berenang

berenang akan membuat kamu lebih tenang, seiring tubuh kamu meluncur di dalam air. Efek bahagia karena berenang bisa lebih besar jika kamu mengajak teman-teman atau keluarga berenang bersama, sambil bermain voli air atau hoki air.

-        Olahraga Yoga

yoga telah terbukti bisa melatih keselarasan/keseimbangan antara olahraga untuk fisik dan sekaligus pikiran yang lebih fokus.

-        Aerobic

Olahraga aerobik direkomendasikan kalian lakukan sekitar 30 menit secara rutin sekitar 5 atau 7 kali dalam satu minggu. Latihan aerobic juga diyakini bisa mendongkrak rasa positif dan senang didalam tubuh kita.

3.    Mengubah tatanan meja kerja kamu.
Dengan mengubah tatanan meja kerja kamu, kamu dapat melihat perbedaan tata ruang yang baru dan tidak monoton seperti tatanan meja kamu yang lama. Dengan suasana meja yang baru kamu bisa mendapat semangat baru, dan kamu mungkin tidak merasa bosan lagi seperti kemarin sebelum meja kamu berubah tatanannya. Hal-hal yang bisa kamu lakukan diantaranya sebagai berikut :

-        Menambahkan tanaman

Dengan menambahkan tanaman di sudut meja kamu, kamu akan mendapat suasana yang rindang dan hijau serta terasa akan lebih fresh.

-        Menaruh hiasan warna warni di belakang computer kalian.

Dengan menaruh hiasan warna warni  di belakang computer kamu, secara otomatis kamu akan melihat hiasan yang kamu tempel di belakang computer kamu tersebut. Itu akan membantu kamu bisa menjadi lebih produktif dalam melakukan sesuatu dan produktif dalam bekerja.

-        Menyulap barang-barang kamu menjadi lebih berwarna.

Menyulap barang barang di meja kantor kamu menjadi lebih berwarna dan lebih kreatif salah atau agar kalian melupakan semua penat dan jenuh yang kamu rasakan saat bekerja. Ini menjadi salah satu cara yang jitu dalam mengusir jenuh dan bosan di dalam kantor.

4.    Beristirahat.
Dengan kamu beristirahat sejenak kamu bisa tenang, dan istirahat sangatlah penting untuk kalian yang jenuh dan bosan dengan semua pekerjaan yang kamu lakukan selama ini. Pergunakan waktu akhir pekan kamu dengan sebaik baiknya untuk istirahat dengan masalah pekerjaan, karena akhir pekan waktu nya kamu dan diri kamu untuk beristirahat atau melakukan hal lain yang positif untuk diri kamu.

5.    Pulang ke rumah tepat waktu.
Lembur sebenarnya dapat membuat kalian semakin jenuh dengan pekerjaan kamu, kenapa lembur bisa membuat pekerjaan kamu lebih membosankan? karena dengan kamu lembur jam kerja kamu akan semakin lama di kantor dan kamu akan merasa jenuh dengan pekerjaan kamu. Sebaiknya jika, kamu mempunyai pekerjaan yang belum terselesaikan kamu bisa meneruskan pekerjaan kamu di rumah atau di tempat lain itu akan terasa lebih menyenangkan dibandingkan kalian harus mengerjakan semua di kantor.

6.    Memiliki pekerjaan sampingan.
Memiliki pekerjaan sampingan bisa dijadikan kegiatan yang menyegarkan di tengah-tengah pekerjaan utama yang membosankan. Jika kamu masih bingung ingin memiliki pekerjaan sampingan seperti apa, kamu bisa menciptakannya berdasarkan hobi yang kamu punya. Misalnya jika kamu hobi membaca dan menulis, kamu bisa menuangkannya ke dalam sebuah draft novel. Atau jika kamu hobi berkarya dengan kertas dan aksesoris lainnya.

Proyek yang kamu miliki ini bisa dijadikan pelarian ketika kamu sedang jenuh-jenuhnya. Bahkan hal tersebut, bisa jadi kegemaran yang kamu geluti ini bisa dijadikan ladang pemasukan selain gaji bulanan. Siapa tahu nantinya ketika kamu memutuskan untuk berhenti bekerja, kamu sudah memiliki bisnis cadangan.

7.    Merubah penampilan kamu yang itu itu saja.
kamu bisa merubah penampilan kamu sesuai dengan yang kamu mau dan jika, kamu merubah penampilan saat bekerja kamu  bisa merubah atau membangun mood kamu yang rusak karena pekerjaan. Hal ini patut dicoba karena, hal dapat berpengaruh dalam selera kamu bekerja selain kegiatan yang dilakukan di atas sebelumnya.

8.    Berkomunikasi dengan rekan kerja.
Dengan kalian melakukan kegiatan komunikasi dengan rekan kerja kamu, kamu dapat membangun suasana kerja yang lebih nyaman dan menyenangkan. Dari hal ini kalian bisa mendapat suasana yang baru dari sebelumnya, dan hal ini akan menghilangkan rasa jenuh kamu saat bekerja.

9.   Menonton film
Saat ini kita tidak  harus pergi ke bioskop untuk menonton film, kita dapat memanfaatkan kemajuan dan kecepatan internet. Hanya butuh smartphone dan jaringan internet yang baik, kita bisa langsung menonton film baik streaming maupun download terlebih dahulu.

10. Mendengarkan musik
Untuk beberapa orang musik adalah senjata paling ampuh dalam menghilangkan jenuh. Saat mendengarkan musik kita memang dapat menghilangkan penat dalam pekerjaan sehari hari. Apalagi mendengarkan musik favorit, musik itu bisa membuat kita lebih nyaman dan meningkatkan mood kita.

Mendengarkan musik adalah kegiatan pengusir rasa bosan yang paling mudah, murah, dan bisa kapan saja kamu lakukan. Saat istirahat, atau saat bekerja juga bisa kamu lakukan.

Sebenarnya kejenuhan dan kebosanan dalam bekerja, bisa kita hilangkan jika kita melakukan hal yang positif bagi kita. Seperti contoh yang di atas 10 kegiatan yang akan membuatmu menjadi lebih merasa baru dan kalian bisa menerapkannya dalam kehidupan pekerjaan kamu yang sudah mulai membosankan bagi kamu.